Setup UIKit Project tanpa Storyboard

Storyboard pertama kali diperkenalkan di iOS 5 adalah sebuah fitur yang digunakan untuk membangun UI (user interface) pada aplikasi iOS. Storyboard memungkinkan kita untuk membangun sebuah antarmuka pengguna dengan cepat karena pada prosesnya banyak dilakukan secara visual dan memerlukan sedikit/tanpa coding.

Storyboard

Kelebihan Storyboard

  1. Mudah digunakan, Storyboard didesain untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan UI, Storyboad menggunakan mekanisme drag-and-drop untuk membangun UI dengan cepat dan mudah.

  2. Bagus untuk prototyping, Anda mungkin tidak mempunyai banyak waktu untuk membangun sebuah UI dari code, disaat itulah Storyboard mungkin dapat membantu Anda untuk dapat melakukan proses pembangunan UI beberapa kali lebih cepat dibandingkan dengan coding.

Kekurangan Storyboard

  1. Sulit untuk melakukan code review, Storyboard menghasilkan kode XML pada saat Anda melakukan perubahan UI di-file Storyboard Anda. Kode XML yang dihasilkan Storyboard sangatlah sulit untuk dibaca, karenanya ini sangatlah berpengaruh pada proses code review.

  2. Sulit di-refactor, Pada waktu tertentu Anda mungkin perlu me-refactor UITableViewController ke UICollectionViewController atau dari jenis View Controller satu ke jenis View Controller yang berbeda, ini sangatlah sulit dilakukan di Storyboard karena Anda harus menghapus View Controller yang ingin Anda ganti secara keseluruhan dan ini sangatlah beresiko.

Setup UIKit Project tanpa Storyboard!

Hal yang pertama dilakukan adalah membuat project UIKit baru menggunakan Xcode dan setelah itu hapus file Main.storyboard jika muncul sebuah pop-up opsi penghapusan maka pilih Move to Trash.

Selanjutnya, buka file SceneDelegate.swift dan ubah isi dari method scene menjadi seperti di bawah ini

var window: UIWindow?

func scene(_ scene: UIScene, willConnectTo session: UISceneSession, options connectionOptions: UIScene.ConnectionOptions) {
  guard let windowScene = (scene as? UIWindowScene) else { return }

  window = UIWindow(windowScene: windowScene)

  let viewController = ViewController()
  let navigationController = UINavigationController(rootViewController: viewController)

  window?.rootViewController = navigationController
  window?.makeKeyAndVisible()
}

Selanjutnya, buka file Info.plist dan hapus property Storyboard Name dan property Main storyboard file base name.

Remove main properties

Langkah terakhir, build dan run project-nya. Jika project berjalan tanpa adanya error maka selamat! Sekarang project Anda sudah dapat berlajan tanpa Storyboard!


Read this article in English : Setup UIKit Project without Storyboard
comments powered by Disqus